Senin, 01 Juni 2009

Pelanggan adalah raja...(kalo gitu aku juga raja)

Menghadapi seorang pelanggan yang marah, tanpa sadar tangannya terkepal erat, tetapi tersembunyi di bawah meja, sekuat mungkin menahan napas dan emosinya yang sudah hampir meledak....
Beruntunng seorang rekan disebelahnya melihat gelagat yang tidak baik dan membantu menyelesaikan permasalahan.

setelah pelanggannya pergi, temannya mengingatkan wakidjan yang masih duduk terdiam menahan amarah " minum dulu mas biar tenang, namanya pelanggan, itu raja"

Mendengar kalimat itu, wakdijan meletakkan gelas dimeja.
"Wah..kalao raja ya nggak kayak gitu ... raja itu pinter, baik hati, malah suka memberi"

Sampeyan kenal dimana mas raja yang seperti itu? tanya temennya

" ya mestinya begitu to yang namanya raja, raja kan orang tertinggi orang yang dihormati, la kalao ngeyelan yang kadang nggak masuk akal, mosok yo bisa jadi raja
lagian orang itu ya mestinya dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung mas, orang bisa aja jadi boss ditempat lain, tapi waktu di luar kantornya , ya bukan boss lagi
terus..semua kan punya aturan, yo mesti ngikutin aturan dimana orang itu berada to yo...
emangnya kita bisa po ngatur polisi biarpun anakny wong sugih mblegedu, kalo masih 9 tahun kan ya nggak bisa bikin SIM wong ada aturannya kok"


Temennya kembali njawab " walah..sampeyan sih mas, bacanya buku cerita yang nggak horor, coba kalau baca buku cerita yang isinya perang baru ngerti raja itu seperti apa?
Raja itu kayak gini lo mas
1. ngangkat jubahnya saja dibantuin, keluar rumah di gendong
2. bisanya cuman nyuruh, ...
3. nggak ngerti aturan, wong aturan itu cuman dua kok, pokoknya raja selalu benar, kalau salah ..ya kembali ke aturan sebelumnya, raja selalu benar
4. Kalau bingung, ya tanya sama penasehat.
5. Biar sudah punya segalanya, kalau ada yang nggak ngasih upeti..yo dihukum

Nah selanjutnya, mas wakidjan baca sendiri aja bukunya....cari yang ada cerita raja raja ya.."

Secara.. wakidjn baru beberapa hari kerja..ya cuman mlongo....tapi langsung ngejar temennya
"boss boss....kata pak menejer kemarin
Setiap orang adalah pelanggan. Pelanggan adalah setiap orang, unit atau pihak dengan siapa kita berinteraksi,

Nahhhh..berartikan kalao sekarang aku melayani orang itu, orang itu kan pelangganku, tapi kan dia juga orang yang lagi berinteraksi ma aku, jadi..aku pelanggannya dia
kesimpulannya, kalau dia raja, aku juga raja....
.iyo to mas...., wis aman nek ngono...aku raja juga mas......" kata wakidjan sambl ngeloyor


eh mas Wakidjan..tapi sampeyan tetep pelayan...?????? teriak temennya

Yo ben....mo raja kek mo pelayan, podho wae, sing penting ngerti aturan.....bin prosedurrrrrr......

2 komentar:

fandhie d mengatakan...

salut ma wakijan... :-)

gogod s mengatakan...

hehehe....